keceburdesign tempat kumpul-kumpul orang indonesia yang ingin belajar desain, tidak ada perbedaan dalam meningkatkan ilmu desain.

11 Desember 2009

@ Sejarah Kehidupan

Sejarah kehidupan

Makhluk hidup bersel satu adalah makhluk yang pertama berkembang. Jutaan tahun kemudian kehidupan di laut mulai berkembang. Binatang kerang muncul, lalu ikan kemudian disusul amphibi. Lambat laun binatang daratan berkembang pula muncul reptil, burung dan binatang menyusui. Baru kira-kira 25 juta tahun yang lalu muncul manusia kemudian berkembang berkelompok dalam suku-suku bangsa seperti saat ini, dan hampir di setiap sudut bumi ditempati manusia.


Ketika otomatisasi membuat semuanya tampak terlalu sempurna. Mesin pembuat kopi. Fotokopi, print, email terintegrasi. Karcis dari mesin-mesin raksasa. Mobil-mobil dengan jumlah penumpang dua. Anehnya aku justru paling mudah beradaptasi dengan makanan. Tak ada sakit maag. Tak ada kerumitan karena beragam bumbu yang membuat perut bergolak. Datar.

Senada awan yang tak kunjung bergerak. Mencurahkan hujan atau hanya memamerkan abu dari pagi hingga petang. Hari berlalu dengan kejadian-kejadian kecil yang penuh dengan kesendirian. Kalau dulu aku menikmati perjalanan sunyi dari satu tempat ke tempat lain, sekarang aku mulai merindukan cengkarama dan gosip. Ya, aku merindukan in-efisiensi. Kala semuanya dilakukan atas nama produkstivitas, kemanusiaan kehilangan makna.

Tentu saja ada teman di kampus. Sangat menolong adalah istilah yang tepat. Tapi hangat kadang tak didefinisikan dengan bagaimana efektifnya sesuatu bekerja. Ada berbagai hal clumsy yang mengundak gelak atau hanya menjadi penanda identitas. Tak seragam. Tak salah. Hanya berbeda.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar